Home Art & Culture Tenun Baduy Indonesia Mendunia di London Fashion Week

Tenun Baduy Indonesia Mendunia di London Fashion Week

689
0
SHARE

Belum lama ini desainer muda Amanda L Lestari bersama tim LEKAT memperkenalkan tenun tradisional baduy dalam karya fashion yang sangat unik, berestetika tinggi dan sarat budaya di ajang fashion dunia, London Fashion Week. Ajang ini sangat bergengsi di dunia, diikuti oleh lebih dari 25 negara, enam peserta even fashion besar di dunia, serta puluhan desainer terkenal dan merek fashion dunia yang dihelat pada 14–26 Februari 2017. Ajang ini juga dikenal sebagai salah satu kiblat mode dunia selain New York, Milan dan Paris. London Fashion Week dikenal memiliki sebuah karakter tersendiri dimana mode tidak hanya dikedepankan sebagai komoditas tetapi sebagai karya seni dan budaya.

Keberangkatan Amanda L Lestari mewakili Indonesia merupakan sebuah misi Diplomasi Budaya dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya. Ditjen Kebudayaan sangat mendukung partisipasi Indonesia dalam ajang ini karena dinilai dapat membangun citra Indonesia di dunia internasional dan diharapkan masyarakat Internasional mengenal lebih banyak kain-kain tradisional Indonesia yang sangat beragam.

“Wadah berupa festival kebudayaan bergengsi dapat menjadi tempat yang strategis bagi Indonesia untuk melakukan diplomasi budaya. Satu tempat, satu festival, jutaan masyarakat internasional mengenal Indonesia,” ujar Ahmad Mahendra, Kepala Subdirektorat Diplomasi Budaya Luar Negeri Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya.

Amanda merupakan salah satu 1.420 delegasi yang dikirim oleh Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya, Ditjen Kebudyaan sejak tahun 2013. Misi kebudayaan ini hadir di 260 ajang di lebih dari 57 negara di dunia. Melalui keikutsertaan Indonesia pada even-even bergengsi di luar negeri, semoga Indonesia dapat menunjukan eksistensinya di kancah internasional.

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Share
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here