Siap-Siap Untuk Belok Kiri Festival

1464
2
SHARE

MULAI 27 Februari sampai 5 Maret 2016, akan digelar BelokKiri.Fest yang pertama dengan tema “Melawan Propaganda Orde Baru”. Kegiatan ini digagas untuk mengangkat kesadaran praktik-praktik Orde Baru berupa pelanggaran HAM, kekerasan negara terhadap masyarakat, ketidak-adilan sosial, diskriminasi, pembelokkan sejarah masih subur meski zaman sudah berganti.

Festival ini diadakan untuk membuka mata masyarakat akan betapa salahnya propaganda anti sejarah dari Orde Baru yang menempatkan gerakan kiri, komunisme dan sosialisme dalam arti tertentu sebagai momok yang menakutkan. Padahal hampir semua bapa bangsa Indonesia adalah orang-orang yang mempelajari dan percaya pada cita-cita sama rata sama rasa dari komunisme.

Peluncuran buku Sejarah Gerakan Kiri di Indonesia dan pameran illustrasinya menjadi salah satu mata acara utama di Belokkiri.Fest. Tak kurang dari 32 seniman visual dan grup seniman serta 27 lembaga terlibat dalam pembuatan buku ini. Tak terhitung individu-individu yang memberikan kata pengantar atas buku ini.

Selain itu ada diskusi dalam berbagai format, pemutaran film, workshop menggambar serta festival musik adalah kegiatan yang akan diadakan di dalam Belokkiri.Fest ini. “Kami ingin membuat sebuah platform bersama sebagai upaya pendidikan kepada masyarakat sekaligus juga untuk melawan dan mencoba menghentikan dampak-dampak buruk Orde Baru untuk hidup di Indonesia hari ini,” ujar penggagas sekaligus seniman senior Dolorosa Sinaga.

image

Belokkiri.Fest akan diadakan di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki ini bertujuan untuk pertama, membuat sejarah dan menata masa depan yang lebih baik untuk generasi yang tumbuh di masa depan, kedua membentuk generasi tumbuh yang sehat secara politik, sosial, sejarah, dan budaya, ketiga, mengembalikan ingatan sejarah bangsa sebagai sebuah arena pembelajaran bagi generasi yang tumbuh, serta ketiga, membangun kesadaran politik, sosial, sejarah, dan budaya secara utuh dan menyeluruh.

Informasi dan jadwal lengkap Belokkiri.Fest bisa didapatkan di http://belokkirifest.org

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Share
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here