Home Asia Belok Kiri Festival Dibatalkan?

Belok Kiri Festival Dibatalkan?

869
0
SHARE

“Kawan-kawan, kami akan melawan, namun bukan dalam bentuk kekerasan. Kami akan melawan dalam bentuk tetap menyelenggarakan diskusi-diskusi yang sudah diagendakan. Acara tetap kami jalankan, dan berpindah di gedung LBH Jakarta.”

HARI Sabtu, 27 Februari 2016, Panitia Belok Kiri Festival menyatakan kegiatan dibatalkan untuk diadakan di Galeri Cipta II, Taman Ismail Marzuki, namun kegiatan tetap diadakan di tempat lain, yakni LBH Jakarta.

Pembatalan ini membuktikan bahwa pengekangan dan pengebirian hak warga negara untuk berekspresi, berpendapat, dan berdiskusi kini terjadi lagi dan tidak berdiri sendiri, melainkan tidak dapat dipisahkan dari runutan peristiwa sebelumnya yang sudah terjadi sejak beberapa tahun ini.

Konferensi Pers Panitia Belok Kiri Festival (dok.  rakisa/ BANGSAONLINE  )
Konferensi Pers Panitia Belok Kiri Festival (dok. rakisa/ BANGSAONLINE )

Panitia menjelaskan bahwa kegiatan Belokkiri.Fest jauh dari upaya memecah belah bangsa sebagaimana disangkakan beberapa pihak seperti seperti Gerakan Pemuda Cinta Bangsa, Gerakan Pemuda Islam Indonesia, Pemuda Conta Tanah Air, Pusat Brigade Pelajar Islam Indonesia, Lembaga Bantuan Hukum Duta, Front Aktivis Jakarta, dan Himpunan Mahasiswa Lombok. Kegiatan ini justru mengajak masyarakat kritis membaca ulang sejarah Indonesia, mencoba membuka sejarah-sejarah yang selama ini ditutup-tutupi oleh kepentingan Orde Baru.

Dolorosa Sinaga, Ketua Penyelenggara Belok Kiri Fest mengungkapkan, “Kami semua berkumpul bersama teman-teman kritis menyelenggarakan ini untuk membongkar, menyoal propaganda orde baru. Ini bukan membuka luka lama, ada banyak warisan otoriter yang bisa kau lihat sekarang, dampaknya kekerasan budaya. Itu yang mesti diselesaikan.”

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here