Menggenang Kenangan Jatigede

2966
2
SHARE

Sebuah dokumenter yang merekam detik-detik sebelum pengisian awal Waduk Jatigede pada 31 Agustus 2015. Pembangunan Waduk Jatigede sejak awal menuai kontroversi.

Apa saja masalah itu ?

1. Ada sekitar 11 ribu warga terdampak. Pembangunan Waduk Jatigede menenggelamkan 28 desa di Sumedang, Jawa Barat secara bertahap. Butuh waktu selama 7 bulan sampai semua desa tenggelam. Desa yang tenggelam antara lain Jemah, Suka Kersa, Pada Jaya, Cibogo, Cipaku, dan Paku Alam.

2. Data ganti rugi tidak akurat. Pada Januari 2015, Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden No. 1 Tahun 2015 tentang Penanganan Dampak Sosial Kemasyarakatan Pembangunan Waduk Jatigede. warga yang dianggap sebagai pecahan kepala keluarga(KK) hanya diberi ganti rugi sebesar Rp 29 juta.

Sebanyak 4.514 KK mendapatkan dana kompensasi senilai Rp 122,5 juta dan sebanyak 6.410 KK mendapatkan dana santunan sebesar Rp 29 juta. Ada yang salah dalam proses ini. Pertama, perusahaan pembangun telah mengabaikan hak-hak warga yang digusur seperti diatur dalam Land Acquisition and Resettlement Action Plan World Bank.

Perencanaan di World Bank, masyarakat harus direlokasi dan ditempatkan di lokasi yang layak setidaknya 6 bulan sampai memperoleh pekerjaan. Kedua, pemerintah menggunakan data sensus penduduk tahun 1984 yang sudah tidak akurat lagi.

3. Menggenangi lahan produktif. Waduk Jatigede di Sumedang dirancang memiliki daerah genangan seluas 4.980,3 hektare. Enam desa yang digenangi merupakan lahan produktif dengan luas mencapai 6.000 hektare.

4. 33 situs cagar budaya lenyap. Sebanyak 33 situs ini berada di kawasan yang digenangi. Sebagian besar situs tersebut merupakan makam keramat serta leluhur Sumedang. Puluhan makam keramat yang dipercaya warga sebagai cikal bakal lahirnya kerajaan Islam Sumedang Larang pada abad ke-16 di Desa Cipaku dipastikan lenyap.

Sutradara: Ari Trismana
Produksi: Watchdoc Indonesia, 2016

SHARE YOUR COMMENT HERE! - AlineaTV have the right to delete racist and ad hominem comments.
Like the story? Help us to spread AlineaTV to everyone.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY